Sumberjaya Laser

Sumberjaya Laser

17 Bahan Partisi Dinding Berdasarkan Desainnya

Salah satu elemen interior yang pasti ada di sebuah rumah adalah dinding untuk menyekat antar ruangan. Dinding sendiri memiliki dua jenis yang berbeda fungsi, dinding pendukung sebagai pemisah antar ruang yang bersifat permanen. Sedangkan dinding partisi adalah dinding bersifat sementara dan bisa dipindah.

Bagi Anda pemilik rumah dengan luas dan terbuka pasti membutuhkan dinding partisi sebagai pembagi ruangan. Apalagi jika Anda menginginkan ruangan yang privat, dinding partisi menjadi solusi untuk masalah tersebut.

Dinding partisi memiliki beragam bentuk serta bahan. Untuk menentukan partisi yang tepat untuk Anda, terlebih dulu cari tahu bahan-bahan yang bisa digunakan. Berikut ini kami rangkumkan 17 bahan partisi yang bisa dipilih untuk partisi yang tepat untuk rumah Anda.

Batu bata

(sumber: paddyengineering.blogspot.com)

Batu bata atau batako biasa digunakan untuk Anda yang ingin memisahkan ruang dalam waktu yang cukup lama atau bersifat permanen. Penggunaan bata memiliki kelebihan yang tahan lama, tahan api serta tahan terhadap gempa. Mirip dengan dinding pendukung, namun dinding partisi bata bisa dibongkar jika dibutuhkan.

Selain kelebihannya tersebut, penggunaan bata bisa dijadikan sebagai dekorasi untuk rumah dengan konsep industrial. Bisa juga di finishing dengan wallpaper atau cat sehingga tampak lebih indah. Batu bata juga bisa dipaku sehingga bisa digunakan untuk dekorasi sekaligus penyekat ruangan.

Roster batako atau tanah liat

(sumber: pinterest)
Blok roaster baik yang terbuat dari tanah liat maupun beton cocok untuk Anda yang ingin partisi sekuat bata namun bersifat semi transparan. Penggunaan roaster ini cocok diletakkan untuk pembatas ruang terbuka karena bisa dimanfaatkan sebagai ventilasi udara atau pencahayaan.

Selain itu, roaster bisa dibentuk sesuai dengan keinginan sehingga bisa dijadikan sebagai dekorasi yang cantik. Roaster juga tembus pandang mempermudah penglihatan antar ruangan.

Kaca

(sumber: pinterest)
Partisi kaca merupakan pemisah ruang yang terbuat dari kaca dengan kusen yang terbuat dari aluminium. Pembatas ruang yang tembus pandang ini bisa memberikan kesan luas pada ruangan.

Selain itu penggunaan kaca memiliki banyak keuntungan diantaranya adalah mudah dibersihkan, cahaya matahari mudah masuk dan sebagai dekorasi ruangan yang estetik. Sehingga tak heran jika partisi kaca banyak digunakan untuk ruangan di kantor atau rumah.

Tak hanya kaca bening, Anda juga bisa memiliki jenis kaca sesuai kebutuhan atau kesukaan Anda. Misalnya kaca buram, kaca terang, kaca berwarna ataupun kaca dengan stiker. Anda bisa menyesuaikan dengan tipe atau konsep ruangan yang ada sehingga partisi bisa jadi dekorasi.

Blockboard

(sumber: primeply industries.com)
Blockboard adalah bahan yang terbuat dari kayu lunak yang dilapisi veneer kayu. Pelapisan pada bagian luar ini membuat blockboard memiliki tampilan yang licin tapi tetap. Alhasil blockboard adalah bahan yang bagus untuk interior ruangan.

Selain itu blockboard tidak terlalu berat sehingga mudah dipindah jika dibutuhkan. Pemasanganya juga terbilang mudah karena hanya menggunakan engsel atau lem khusus interior.

Bentuknya yang modern, tak jarang blockboard menjadi bahan untuk meja, kitchen set hingga rak. Namun yang harus diperhatikan adalah menjaga agar tidak terkena genangan air yang dapat mempersingkat umur blockboard.

Logam

(Sumber: pinterest)
Partisi dengan menggunakan logam adalah salah satu cara memiliki partisi yang tahan lama. Kekuatan logam yang tahan terhadap air dan gempa membuat logam menjadi salah satu bahan terbaik diantara yang lain.

Apalagi bahan logam kini memiliki banyak sekali bentuk yang bisa diaplikasikan dengan bahan lain. Misalnya bentuk logam dengan kayu atau logam dengan kaca dan masih banyak lagi.

Dengan menggunakan partisi logam, ruangan juga akan tampak lebih cantik karena bentuknya yang beragam. Bisa request desain juga lho.

Kayu

(Sumber: pinterest, architectureartdesign)
Salah satu bahan yang menjadi favorit dari masa ke masa adalah kayu. Dimana kayu bisa memberikan kesan lebih hangat dan alami dalam sebuah ruangan. Sehingga tak heran jika kayu menjadi primadona bahan berbagai macam interior.

Termasuk juga partisi, partisi bahan kayu bisa dibentuk berbagai macam model. Bisa dimodel rak, semi transparan yang berlubang atau yang berbentuk papan sehingga bisa dimanfaatkan sebagai tempat pajangan frame foto.

Selain itu kayu juga bisa dikombinasikan dengan berbagai material. Jika ingin lebih kuat bisa gunakan logam atau untuk kesan elegan bisa gunakan kaca.

Kain

(Sumber: pinterest)
Penggunaan kain seperti gorden ternyata tak hanya hanya untuk jendela. Kain juga bisa digunakan sebagai penyekat antar ruangan seperti partisi. Anda tak perlu bingung memasang seperti apa, siapkan saja rel pada bagian atas mirip dengan pemasangan gorden.

Salah satu keunggulan kain atau gorden sebagai partisi adalah tingkat fleksibilitas ruangan. Jika ingin ruangan luas, tinggal tali saja gordennya. Namun jika membutuhkan ruang privasi maka kain atau gorden bisa dibiarkan terbuka.

Untuk perawatannya juga terbilang mudah namun harus teratur ya karena kain bisa jadi tempat untuk berkumpulnya debu. Anda bisa melepas dan mencucinya atau gunakan alat penyedot debu untuk membersihkan gorden tersebut.

Fiber

(Sumber: reedoshowers)
Jika Anda tak terlalu suka penggunaan kaca sebagai partisi tapi ingin kesan seperti kaca, fiber adalah jawabannya. Terbuat dari pasir kuarsa dengan bahan sintetis lainnya membuat fiber tampak seperti kaca. Tampilannya halus, lentur, elastis dan buram membuat fiber menjadi bahan yang cocok banget untuk partisi. Fiber bisa memberi kesan semi transparan sehingga masih tetap terlihat walaupun buram.

Fiber juga mudah dibentuk dan diaplikasikan sesuai dengan keinginan. Apalagi fiber berbentuk lembaran sehingga bisa dipotong dengan berbagai bentuk dan ukuran. Walaupun bukan kaca, fiber cukup kuat sehingga tergolong bahan yang awet untuk beberapa tahun dengan kemudahan perawatan.

Kertas

(Sumber: idfdesign)
Bagi Anda yang memiliki rumah dengan konsep Japanese, penggunaan sekat kertas adalah pilihan yang tepat. Penyekat kertas banyak ditemukan pada rumah tradisional Jepang yang dikombinasikan dengan kayu membentuk pintu geser. Penggunaan kertas sebagai penyekat terbilang unik dan mudah diaplikasikan. Kertas juga mudah diganti jika lubang atau mengalami kerusakan.

Cek! Jasa Pembuatan Railing Tangga untuk Rumah dan Gedung

Namun dibalik kelebihannya tersebut, kertas bukan bahan yang tepat untuk meredam suara atau cahaya dari ruang yang ada di sebelahnya. Tapi jika Anda ingin sentuhan ala Jepang, penyekat kertas adalah pilihan yang sangat tepat.

Gypsum

(Sumber: provilink)
Gypsum adalah salah satu bahan yang kini menjadi favorit banyak orang. Pasalnya gypsum memiliki banyak kegunaan salah satunya sebagai bahan untuk penyekat ruangan.

Gypsum tidak memiliki bobot yang berat sehingga fleksibel saat pemasangan. Selain itu, gypsum juga memiliki bentuk yang beragam jadi jika Anda menggunakan gypsum sebagai partisi tak akan bingung lagi dengan dekorasi. Gypsum juga tahan terhadap api dan rayap lho jadi tak perlu khawatir karena tidak mudah rusak.

Walaupun memiliki banyak kelebihan, gypsum juga memiliki kekurangan diantaranya tidak tahan terhadap air, benturan yang keras dan bobot yang berat. Selain itu gypsum juga mudah kusam sehingga butuh perawatan lebih dan teratur.

Blok kaca

(Sumber: pinterest)
Walaupun sama-sama kaca, blok kaca memiliki bentuk yang berbeda dibanding partisi kaca. Blok kaca bentuknya lebih tebal dan memiliki unsur dekoratif pada bagian dalamnya.

Berbentuk seperti bata, blok kaca juga tahan terhadap api, kedap suara dan transmisi cahaya baik. Selain itu blok kaca juga cocok untuk dekorasi ruangan agar terlihat lebih cantik. Biasanya sekat blok kaca ini digunakan untuk ruangan seperti kamar mandi, dapur atau ruang yang dekat dengan cahaya matahari.

Glasswool

(Sumber: jayswal)
Untuk Anda yang ingin membuat ruangan yang kedap suara, glasswool adalah solusinya. Bahan partisi ini biasanya digunakan untuk membuat ruang akustik di sekolah atau ruang nonton di rumah.

Baca artikel lainya! 51 Desain Railing Tangga Yang Menajubkan

Bahan ini tak hanya dapat membuat kedap suara tapi juga menyerap panas. Dijual per lembar, glasswool lebih ramah di kantong. Namun sayangnya bahan ini mudah rontok sehingga perlu perawatan lebih dan juga tidak tahan terhadap api. Penggunaan glasswool juga tidak disarankan dalam waktu yang lama.

Rockwool

(Sumber: encon insulation)
Sama halnya dengan glasswool, rockwool juga salah satu bahan yang bisa membuat ruang kedap suara. Bedanya, bahan ini lebih tebal karena terbuat dari serat mineral khusus.

Kelebihan lain bahan rockwool adalah dapat menyerap panas di ruangan dan tahan terhadap api. Dengan kelebihan tersebut, harga bahan rockwool tak semurah glasswool. Bahan rockwool juga mudah rontok sama halnya dengan glasswool sehingga lebih baik tidak digunakan dalam waktu yang lama.

Bambu

(Sumber: pinterest)
Untuk menonjolkan kesan natural pada ruangan, partisi bambu adalah pilihan yang tepat. Anda bisa menyusun batang bambu secara rapi berjajar rapat untuk penyekat ruangan yang tertutup. Namun, jika ingin yang bersifat semi transparan, batang bambu bisa di jajar dengan berjarak sehingga nampak berongga.

Cek! Jasa Laser Cutting Jakarta

Untuk mempertebal kesan alami, biarkan dedaunan tetap nempel di bagian batang. Unsur hijau dan kuning membuat ruangan jadi semakin ramai dan menarik. Pemeliharaan bahan bambu juga tak sulit, cukup bersihan secara rutin agar tak menjadi sarang debu.

Dahan pohon

(Sumber: pinterest)
Unsur alami lainnya yang bisa digunakan adalah dahan pohon. Material ini bisa menjadi alternatif lain jika tak ingin menggunakan bambu. Material ini juga ramah di kantong dan mudah diaplikasikan. Batang pohon bisa dibersihkan dan disusun berjajar. Anda bisa membiarkan dahan pohon tetap dalam bentuk alaminya agar bisa didapatkan kesan natural.

Tanaman

(Sumber: pinterest)
Untuk Anda yang hobi berkebun, Anda tetap bisa dekat dengan tanaman Anda walaupun berada di dalam ruangan. Dengan cara vertikal garden, ruangan akan tampak lebih estetik dan segar. Tipsnya pilih tanaman yang mudah hidup di dalam ruangan misalnya kataka, Epipremnum, hoya carnosa dan lain sebagainya.

Jika Anda keberatan merawatnya, Anda bisa gunakan tanaman palsu sebagai hiasan. Letakkan pada ruangan sebagai dekorasi, walaupun palsu tetap harus dibersihkan ya agar ruangan tetap bebas dari debu.

PVC

(Sumber: partition-walls)
Penggunaan pvc sebagai partisi menjadi nilai tambah tersendiri untuk menyekat ruangan. Pasalnya bahan ini banyak digunakan untuk kantor atau rumah dengan model lipat atau geser.

Kelebihan dari penggunaan bahan pvc ini adalah termasuk bebas dari karat maupun rayap. Selain itu pvc juga awet, tahan terhadap air sehingga cocok untuk partisi dalam waktu jangka panjang.

Itu adalah 17 bahan yang kami rangkum untuk Anda yang sedang mencari bahan partisi. Material diatas bisa digunakan sebagai bahan utama partisi ruangan agar makin cantik dan menarik.

Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan yang cocok untuk ruangan Anda.

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email