Sumberjaya Laser

Sumberjaya Laser

Inspirasi Kanopi Laser Cutting untuk Mempercantik Rumah

Table of Contents

Mempunyai rumah dengan tampilan indah tentu menjadi keinginan setiap orang. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mempercantik hunian adalah merancang desain kanopi.

Pembuatan kanopi menggunakan metode laser cutting bisa menjadi alternatif untuk membuat rumah indah dipandang. Artikel kali ini berisi tentang inspirasi desain kanopi laser cutting sebagai referensi Anda dalam menentukan bentuk atap depan hunian sesuai keinginan. Inspirasi Desain Fasad Gedung Modern dari Seluruh Dunia

Apa itu kanopi?

Kanopi adalah atap tambahan di area luar rumah seperti pada balkon, carport hingga teras. Fungsi umum kanopi yakni untuk menahan atau meminimalisir panas, sehingga area luar lebih sejuk dan teduh. Selain itu, halaman dapat terlindungi dari air hujan.

Kehadiran kanopi dengan berbagai desain direkomendasikan guna mempercantik tampilan rumah. Ragam pilihan material membuat pemilik bebas memilih sesuai konsep yang dikehendaki.

Kegunaan kanopi untuk bangunan

Beberapa hunian memiliki kanopi yang dibuat menyambung dengan bangunan. Namun ada pula yang membuatnya dari material lain. Hal tersebut didasari oleh pengetahuan tentang kegunaan dan fungsi kanopi terhadap hunian. Fasad Laser Cutting untuk Desain Rumah

Berikut beberapa manfaat kanopi untuk bangunan:

  • Pelindung rumah dari panas dan hujan

Kanopi dapat memiliki fungsi sebagai pelindung rumah dari panas dan hujan. Dengan material tepat dan desain cantik, bagian dari eksterior ini mampu menjaga suhu hunian. 

Selain itu, kanopi juga berfungsi sebagai carport semi tertutup yang mampu meminimalisir terik matahari secara langsung.

  • Dekorasi untuk memperindah desain bangunan

Kanopi juga bisa dimanfaatkan sebagai dekorasi untuk memperindah desain bangunan, apalagi jika menggunakan kanopi laser cutting minimalis. 

Fungsi lain dari kanopi yaitu dapat meningkatkan nilai estetika bangunan. Dengan perpaduan desain dan warna yang tepat akan menghasilkan impresi ketika orang melihat bagian depan rumah Anda. Inspirasi Desain Neon Flex Cafe Aesthetic 2022

  • Menghemat biaya listrik

Kanopi rumah dari panel surya dapat menyerap panas di siang hari dan menyuplai cahaya yang cukup untuk menerangi interior rumah. Dengan kanopi jenis ini, rumah menjadi lebih sejuk, terang, dan menghemat penggunaan lampu, kipas atau AC yang berlebihan. 

  • Fungsi tambahan pada bagian luar bangunan

Kanopi laser cutting bisa memiliki fungsi tambahan pada bagian luar bangunan, salah satu contohnya yaitu sebagai garasi mobil atau motor. 

Menggunakan kanopi minimalis dengan tampilan yang tepat juga menciptakan ruangan baru yakni outdoor living room. Kemudian tambahkan beberapa furniture lain seperti kursi dan meja sebagai tempat ternyaman menerima tamu atau sekadar kumpul keluarga. Bikin Adem, Ini 8 Pilihan Ornamen Kaligrafi untuk Mushola Rumah

Material untuk pembuatan kanopi

Material untuk pembuatan kanopi cukup banyak, tergantung dari desain dan kegunaan di setiap area yang akan dibangun. Penggunaan bahan yang tepat mampu menciptakan fungsi dan nilai estetik terbaik. 

Sebelum menentukan desain kanopi, kenali berbagai material yang dibutuhkan untuk sebagai referensi

  • ACP

ACP (Aluminium Composite Panel) merupakan perpaduan plat alumunium dan bahan komposit polyethylene yang menghasilkan lembaran kaku, juga kuat namun relatif ringan. 

ACP terbagi atas dua jenis yaitu PE (Polyester) yang sering digunakan untuk desain interior rumah, dan PVDF (Polyvinyl De Flouride) untuk keperluan eksterior khususnya kanopi. Kelebihan ACP yaitu mempunyai bobot ringan, permukaan rata dan halus, serta memiliki daya tahan anti karat maupun cuaca ekstrim. Jasa Grafir Laser Terbaik

  • Plat steel

Plat steel atau yang sering disebut stainless steel mempunyai kandungan besi, krom, karbon, nikel, dan molibdenum. Dengan paduan unsur tadi, ST memiliki sifat kuat dan anti karat. Terlebih juga akan memberikan kesan elegan sekaligus mewah pada hunian.

  • Baja ringan

Material baja ringan sering digunakan pada struktur rangka. Sifatnya ringan dan mudah diproses pabrikasi, khususnya dalam pembuatan kanopi semi tertutup yang dapat memudahkan pemasangan sambungan dan dudukan kanopi.

  • Kayu

Bahan kayu pada rangka kanopi dapat menjadi alternatif selain menggunakan material baja ringan. Selain kuat sebagai penopang, bahan kayu juga lebih ringan serta memberikan kesan alami pada hunian.

  • Zincalume

Zincalume merupakan bahan sejenis seng yang terdiri dari beberapa lapis baja. Menggunakan material ini pada kanopi akan membuat rumah terasa lebih sejuk, cukup kuat dan tidak mudah kotor.

  • Membrane

Material membrane hampir sama seperti bahan tenda, namun kandungan seratnya lebih banyak dan padat. Sifatnya yang hampir sama seperti kain dapat membuat bentuk kanopi variatif. 

Pembuatan kanopi dengan metode laser cutting

Pembuatan kanopi dengan metode laser cutting semakin banyak diminati, selain karena berharga terjangkau, desain penampang kanopi dapat dibuat sesuai keinginan. 

Berbagai bentuk potongan bisa dibuat menggunakan metode laser cutting, dan tentunya menciptakan desain lebih variatif. 

Kelebihan membuat kanopi menggunakan mesin laser cutting yaitu tingkat kepresisian pemotongan, hasil detail, juga bisa untuk mengerjakan desain yang rumit. Selain itu, proses finishing singkat membuatnya lebih efisien.

Contoh desain kanopi laser cutting kekinian

Konsep yang bagus dan tepat akan memberikan kesan estetik yang menarik saat orang melihatnya. Berikut contoh desain kanopi laser cutting kekinian:

  1. Kanopi motif sarang lebah

Desain sarang lebah pada kanopi dapat digunakan untuk area ruang makan atau mini cafe didalam rumah. Tampilan unik dan berbeda akan membuat tamu istimewa Anda tidak merasa bosan.

Gambar.01 Kanopi motif sarang lebah

Kanopi motif bata

Selanjutnya desain kanopi kekinian yang sering digunakan adalah motif bata. Pola desain yang simpel membuat kesan pertama terasa klasik sekaligus modern. Selain itu, lapisan atas kanopi dapat dibuat dengan material kaca, sehingga lebih estetik.

Gambar.02 kanopi motif bata

Kanopi motif tumbuhan

Kanopi motif tumbuhan dapat memberikan kesan natural, apalagi jika dikombinasikan dengan dinding warna putih. Pastinya akan lebih terasa sejuk dan nyaman.

Gambar.03 Kanopi motif tumbuhan

Kanopi motif batik gurda

Desain selanjutnya yaitu kanopi motif batik gurda. Jika ingin menciptakan nuansa nusantara di rumah, motif ini nampaknya bisa dijadikan inspirasi. Selain membuat tampilan ruangan lebih rileks, nilai budaya yang terkandung juga menunjukkan ciri khas tradisional.

Gambar.04 Kanopi Motif Batik Gurda

Kanopi motif mozaik

Kanopi motif mozaik memberikan kesan dinamis pada ruangan atau halaman rumah. Desain ini menjadi salah satu bentuk alternatif yang membuat tampilan terlihat lebih manis.

Gambar. 05 Kanopi motif mozaik

Sumber Jaya, jasa pembuatan kanopi laser cutting terbaik

Sumber Jaya Laser adalah jasa laser cutting terbaik, didukung pengetahuan dan pengalaman membuat berbagai jenis kanopi. PT. Sumber Jaya Cipta telah memulai perjalanan sejak tahun 2005 dan sudah dipercaya oleh lebih dari 500 perusahaan.

Peralatan laser cutting yang canggih dan presisi mampu memotong material dengan kepresisian hingga 0,1mm, luas pemotongan hingga 3,2 meter x 20 meter. Maksimal ketebalan pemotongan hingga 30mm mampu memberikan hasil potongan kanopi terbaik di kelasnya.

Sistem pemesanan sangat mudah, Anda bisa langsung mengirimkan file desain dalam bentuk .cad atau sejenisnya ke surel [email protected]. Engineer kami akan mempelajari dengan proses yang tepat, dan segera menghubungi untuk penawaran harga terbaik.

Penutup

Demikian penjelasan tentang Inspirasi kanopi laser cutting untuk mempercantik rumah sebagai referensi Anda dalam mencari inspirasi kanopi dan jasa pembuatan terbaik. Sebagai mitra terpercaya, Sumber Jaya Laser mampu membuat keinginan menjadi kenyataan! Informasi dan pemesanan, kunjungi website sumberjayalaser resmi kami.

Share this post