Sumberjaya Laser

Sumberjaya Laser

8 Ide Fasad Roster Minimalis, Jadikan Hunian Makin Wah!

Selain aspek kenyamanan, estetika menjadi hal penting dalam mendesain dan membuat hunian. Tidak heran jika banyak orang yang aware dan mulai banyak melakukan request pemasangan fasad.

Salah satu yang banyak diminati adalah fasad roster minimalis. 15 Ide Desain Fasad Rumah Minimalis Harga Terjangkau 2022

Fasad roster minimalis tidak hanya mampu memberikan nilai estetika yang menjadikan hunian terlihat berbeda dan unik.

Namun, juga memiliki sejumlah fungsi yang dapat mengoptimalkan pencahayaan hingga sirkulasi udara secara alami. 

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk memasang fasad roster minimalis, tidak ada salahnya untuk menyimak penjelasan singkat berikut!

Apa itu roster

Roster merupakan sebutan untuk blok ventilasi yang sering dipakai atau dipasang pada sebuah bangunan. Adapun fungsinya adalah sebagai media yang mengatur sirkulasi udara pada bangunan secara alami. Tidak heran jika biasanya dipasang di bagian atas pintu atau jendela. 

Namun, seiring berkembangnya ilmu arsitektur saat ini, pemasangan roster tidak hanya di bagian atas pintu atau jendela.

Kini, sudah dimodifikasi sedemikian rupa untuk menambah nilai estetika sekaligus memaksimalkan udara, sehingga ruangan terasa lebih dingin.

Definisi fasad roster minimalis

Dilansir dari laman Timber Cladding Solutions, fasad merupakan sebuah sisi pada bangunan yang berada di bagian depan. Bagian ini merupakan esensial dari desain secara menyeluruh. 

Penggunaan fasad sendiri tidak hanya berfungsi sebagai dekorasi, tetapi juga untuk menciptakan karakter atau keunikan dari bangunan tersebut.

Di antara banyaknya jenis yang ada, fasad roster minimalis yang paling tepat untuk hunian. Material ini juga disebut fasad berventilasi yang mengadopsi sistem selubung bangunan eksterior secara dry-system

Pemasangan fasad roster minimalis biasanya diletakkan di antara dinding perimeter dan bagian selongsong eksterior. Tidak heran jika keberadaannya mampu mengatur sirkulasi udara dalam sebuah hunian.

Fasad roster minimalis juga mengatur seberapa banyak panas yang masuk dan keluar. Dengan demikian rumah akan terasa lebih dingin walaupun tanpa pemasangan AC sekalipun. 10 Inspirasi Fasad Kantor Minimalis Keren dari Seluruh

Fungsi fasad roster minimalis

Pemasangan fasad roster minimalis tidak hanya memberikan nilai estetika saja. Namun, juga dapat memberikan banyak keuntungan, seperti:

1. Ventilasi alami

Pemasangan fasad roster minimalis dianggap menjadi salah satu cara untuk memaksimalkan udara yang masuk ke dalam rumah. Dengan demikian dapat difungsikan sebagai ventilasi alami. 

Apalagi, saat ini sudah banyak desain dari fasad roster minimalis yang mampu memaksimalkan sirkulasi udara tanpa menjadikan hunian tampak terlalu kosong atau terbuka.

2. Pelindung bangunan

Adanya fasad roster akan melindungi bagian dalam atau depan bangunan dari sejumlah faktor eksternal yang dapat memicu kerusakan. Misalnya saja cahaya matahari, angin, hingga air hujan sekalipun.

3. Mengurangi panas

Bagi Anda yang memiliki hunian di daerah beriklim atau bersuhu panas, akan sangat tepat untuk memasang sebuah fasad roster minimalis. Pasalnya, mampu mengurangi panas yang terperangkap dan membantu panas tersebut menguap ke atas, sehingga suhu dalam hunian akan tetap dingin.

4. Menghangatkan bagian dalam

Berbeda lagi untuk bangunan yang berada di area pegunungan dengan suhu rendah. Desain fasad roster dengan bukaan ke arah bagian dalam bangunan akan menjadikan hunian terasa lebih hangat. 

Hal tersebut dikarenakan desain fasad roster minimalis yang demikian dapat mengatur kelembapan dan  meminimalisir risiko kondensasi udara.

Tips memasang fasad roster

Tentu saja, sebelum memasang fasad roster minimalis pada hunian, terdapat sejumlah hal yang harus diperhatikan, misalnya:

1. Material

Kendati pemasangan fasad roster minimalis tidak membutuhkan perawatan khusus, tetapi jangan sampai salah memilih material. Selain disesuaikan dengan karakter bangunan secara keseluruhan, akan lebih baik untuk memilih yang lebih awet dan tahan lama. Misalnya saja ACP panels, batu-batuan, kaca hingga batu bata.

2. Gunakan jasa profesional

Pemasangan fasad roster minimalis harus dilakukan oleh para profesional untuk memberikan hasil optimal. Anda tidak perlu lagi khawatir adanya masalah terkait nilai estetika sekaligus fungsi. Salah satu jasa profesional pembuatan sekaligus pemasangan fasad roster minimalis di Indonesia adalah Sumber Jaya Laser.

3. Dinding penyangga

Selain itu, apabila ingin memasang fasad roster minimalis pada hunian juga harus mempertimbangkan adanya dinding penyangga.  Biasanya, ini terbuat dari batu bata, beton dan kayu. 

Dilansir dari laman Apavisa, adanya dinding penyangga juga mampu memberikan stabilitas pada bangunan sekaligus menjaga keamanan para penghuninya. Fasad Laser Cutting untuk Desain Rumah

4. Ruang udara

Sebelum memasang fasad roster, jangan lupa untuk memastikan adanya ruang udara pada fasad. Biasanya, ini memiliki dua jenis bukaan yang berada di bagian atas dan bawah. Fungsinya sendiri adalah untuk menjaga sirkulasi tetap lancar.

5. Bahan pelapis fasad

Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah bahan pelapis. Selain untuk menyempurnakan desain dan menambah nilai estetika, juga dapat memperpanjang keawetan dari fasad.

Adapun bahan pelapis fasad yang banyak dipilih dan digunakan saat ini adalah kayu dan logam. Namun, akan lebih baik lagi jika Anda menggunakan kelongsong berbahan porselen yang lebih tahan lama dan kuat.

Referensi desain fasad roster minimalis

Hunian dengan fasad roster minimalis memang sedang digandrungi oleh masyarakat saat ini. Terlebih, sudah banyak pilihan yang siap memperindah tampilan dan desain arsitektur hunian. 

Nah, bagi Anda yang tertarik memasangnya pada hunian, tidak ada salahnya melihat sejumlah referensi desain fasad roster minimalis berikut ini!

1. Rainscreen panel

Salah satu referensi desain fasad roster minimalis yang bisa dipilih adalah rainscreen panel. Berbahan logam dan dapat dimodifikasi dengan menambahkan lampu sebagai latar internal, sehingga hunian akan tampak lebih indah di malam hari. 

Selain itu, desain fasad roster minimalis satu ini juga terbilang lebih awet karena terbuat dari baja berlapis polimer, aluminium hingga baja tahan karat.

2. Metal Lamel

Apabila ingin menjadikan hunian tampak lebih modern tetapi tetap minimalis bisa memilih desain fasad roster berbahan metal lamel.

Desain ini akan menjadikan bangunan rumah terlihat lebih ramping dan kekinian. Selain itu, juga bisa dipasang dengan arah vertikal maupun horizontal, sehingga lebih fleksibel.

3. Cor-Ten Steel

Desain fasad roster minimalis lainnya adalah bahan baja cor-ten. Ini merupakan salah satu jenis yang kuat dan tahan lama dalam melindungi bangunan dari faktor eksternal. Selain itu, juga tidak memerlukan perawatan khusus.

4. Kantilever

Referensi desain fasad roster minimalis lainnya yang dapat dipilih adalah kantilever. Adanya kantilever pada fasad roster minimalis menjadikan bangunan terlihat lebih estetik dan unik. 

Selain itu, pemasangan fasad roster minimalis satu ini jika dipadukan dengan cat warna yang tepat akan menjadikan hunian tampak lebih eksklusif dan mewah. 8 Referensi Desain Fasad Ruko Paling Kekinian Nan Estetik

5. Hollow

Ide pemasangan fasad roster minimalis lainnya yang banyak dipilih adalah hollow. Desain ini ditandai dengan pemasangan secondary skin

Uniknya, secondary skin yang berperan sebagai hollow terbuat dari kisi-kisi baja atau besi yang disusun sedemikian rupa.

6. Tertutup

Ingin menciptakan hunian yang nyaman dan terbebas dari tetangga kepo? Anda dapat memasang fasad roster minimalis tertutup. 

Desain fasad roster minimalis ini biasanya dibuat dengan jumlah jendela yang sangat sedikit. Kendati demikian, tetap berfungsi maksimal karena terdapat ventilasi pada bagian atas fasad.

7. Kombinasi warna cerah dan netral

Jika Anda sangat menyukai gaya minimalis dengan warna-warna dasar, tidak ada salahnya untuk memasang desain fasad foster satu ini. 

Desain fasad roster minimalis kombinasi warna cerah dan netral menjadikannya tidak terlihat monoton. Justru akan membuat fasad lebih eye catching dan menarik.

8. Kisi-kisi kayu

Desain fasad roster minimalis satu ini cocok untuk hunian bergaya naturalis. Selain menjadikan hunian tampak lebih nyaman dan asri, pemasangan kisi-kisi kayu juga memberikan efek dramatis seperti bayang-bayang pada bagian dalam rumah. 

Desain fasad roster minimalis dengan kisi-kisi kayu akan sangat cocok dipasang dengan arah vertikal.

Di mana tempat pembuatan dan pemasangan fasad roster berkualitas?

Jika berniat memperindah tampilan hunian dengan fasad roster minimalis berkualitas, tidak ada salahnya untuk langsung melakukan pemesanan ke Sumber Jaya Laser.

Selain dibuat dengan bahan-bahan berkualitas tinggi, setiap fasad roster minimalis yang dibuat di Sumber Jaya Laser juga dibuat secara detail.

Sumber Jaya Laser juga menjadi pilihan lebih dari 500 perusahaan dan ribuan vendor perumahan yang tersebar di Indonesia untuk memperindah bangunan dan hunian.

Nah, bagi Anda yang ingin memasang fasad roster minimalis dengan desain eksklusif, bisa langsung menghubungi Sumber Jaya Laser melalui live chat pada website resmi atau mengirimkan email ke [email protected].

Share this post