Sumberjaya Laser

Sumberjaya Laser

10 Gambar Desain Fasad Hotel 2021

Fasad adalah salah satu bagian terpenting dalam membangun sebuah gedung.

Pasalnya, fasad bisa diumpamakan sebagai sebuah wajah dari sebuah bangunan.

Untuk itu perlu perencanaan yang matang dalam membuat fasad sebuah gedung. Tak boleh sembarangan karena fasad juga berfungsi sebagai alat untuk promosi, lho.

Untuk itu perlu adanya mengenal fasad lebih dalam agar fasad tak hanya sebuah bagian dari gedung tapi juga sebagai dekorasi yang bagus sehingga bisa diingat terus.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat digali terkait dengan fasad bangunan.

Pengertian fasad adalah

Fasad berasal dari beberapa kata dari bahasa yang berbeda-beda. Dalam bahasa Italia yaitu Faccita atau Faccia, bahasa latin yaitu Facci dan bahasa Prancis facade yang semuanya memiliki arti sebuah wajah. Sehingga fasad bisa diartikan sebagai bagian muka sebuah bangunan yang dapat mempresentasikan sebuah bangunan.

Sebagai wajah dari bangunan, fasad adalah bagian pertama yang akan dilihat oleh orang. Oleh karena itu, fasad harus mendapatkan perhatian lebih dalam proses pembangunannya. Tak hanya dalam aspek keselamatan dan keamanan tapi juga dekorasi eksterior.

Material fasad yang umum

Setelah mengerti arti dan fungsi fasad gedung, kini beralih pada material yang banyak digunakan untuk membangun fasad. Bahan-bahan yang dapat digunakan diantaranya adalah

  • Logam
    Bahan Logam sangat banyak digunakan untuk bangunan industri. Namun dengan perkembangan zaman, fasad material logam cocok juga untuk hunian. Bahan logam mudah diaplikasikan, fungsional dan praktis. Selain itu bisa dikombinasikan dengan bahan lainnya misalnya kayu, beton bahkan batu.
  • Baja
    Baja memiliki keunggulan tahan terhadap cuaca, semakin sering terpapar cuaca akan semakin kuat dan anti lapuk. Dengan tekstur fasad yang seperti berkarat, desain fasad menjadi lebih artistik menambah nilai dekorasi sebuah fasad bangunan.
  • Batu
    Batu alam menjadi bahan yang paling banyak digunakan dari zaman ke zaman. Apalagi untuk daerah tropis seperti di Indonesia, batu tak hanya sekedar dekorasi tapi juga meredam panas dari matahari.
    Salah satu batu alam yang dipakai untuk fasad bangunan adalah batu alam andesit sebagai finishing. Batu ini juga bisa dipasang secara berpola sehingga mendapatkan dekorasi fasad gedung yang cantik.
    Selain batu alam, batu bata juga cocok untuk fasad bangunan. Pemasangan batu bata juga tak kalah mudah dibanding batu alam. Batu bata juga memiliki tekstur unik sehingga fasad gedung jadi makin terkesan rustic.
  • Kayu
    Walaupun kayu adalah salah satu eksterior yang paling favorit tapi menggunakan kayu sebagai fasad bangunan memiliki tingkat risiko yang tinggi. Pasalnya tidak semua kayu memiliki ketahanan terhadap cuaca atau risiko lainnya. Jika ingin menggunakan kayu sebagai fasad bangunan lebih baik pilih kayu seperti kayu merbau, jati, ulin atau kombinasikan dengan material lainnya.
  • Mansory
    Mansory adalah salah satu cara pembuatan fasad bangunan dengan menggunakan metode campuran berbagai macam batu. Dengan metode mansory, fasad bangunan akan terlihat kental kesan rustic dan pedesaan.
  • Beton
    Beton merupakan bahan yang baik untuk fasad bangunan, pasalnya bahan ini tahan terhadap cuaca dan tak butuh pelapisan untuk mencegah pelapukan. Selain itu warna dan tekstur beton bisa jadi dekorasi yang cantik untuk fasad bangunan.
    Beton juga memiliki daya tarik tersendiri bagi orang-orang yang suka dengan sentuhan bangunan berkonsep kontemporer. Salah satu yang menarik adalah penggunaan beton ekspos sebagai finishing. Anda bisa bermain dengan tekstur beton dengan bentuk geometri, dekoratif hingga permainan bentuk lainnya yang cocok dengan desain bangunan yang Anda harapkan.
  • Kaca
    Material kaca menjadi salah satu material favorit untuk fasad gedung terutama hunian. Selain karena keindahannya, kaca bisa menangkap cahaya matahari sehingga bisa menghemat energi.

Jenis desain fasad

Penentuan fasad bangunan sangat dipengaruhi oleh desain bangunan. Dengan perpaduan desain fasad dan desain bangunan dapat membentuk sebuah bangunan yang tentu saja akan indah dan sesuai dengan keinginan.

Untuk mempermudah Anda menentukan fasad bangunan berikut adalah beberapa jenis fasad yang bisa jadi inspirasi Anda.

Fasad bangunan klasik

(sumber: tripadvisor)

Fasad bangunan dengan gaya klasik cocok untuk bangunan yang ingin menonjolkan kemewahan. Anda bisa mengedepankan unsur desain yang rumit pada eksterior.

Apalagi jika ditambah perabotan interior seperti lampu gantung, pasti bangunan akan tampak megah.

Fasad bangunan minimalis

(sumber: design-milk)

Minimalis bukan berarti tidak menarik. Fasad bangunan minimalis yang terkesan lebih rapi dan bersih akan tampak cantik dengan tambahan ornamen.

Ada bisa menambahkan kesan alami seperti batu alam atau kayu sebagai tambahan kesan minimalis tapi tidak monoton.

Fasad bangunan rustic

(sumber: hotels)

Fasad dengan konsep rustic membuat bangunan terkesan alami. Pasalnya dalam membangun fasad bangunan berkonsep rustic maka kayu, batu alam serta beton ekspose adalah material utama yang digunakan.

Fasad ini juga mem-finishing material dengan cara di pernis atau amplas sehingga alaminya tetap kental terasa pada bangunan.

Fasad bangunan bohemian

(sumber: kayak)

Konsep bohemian cocok banget untuk bangunan para milenial. Hal ini dikarenakan konsep bohemian kental dengan warna-warni yang bisa diaplikasikan pada jendela, pintu atau bagian lainnya yang sesuai dengan gaya tersebut.

Walaupun terkadang, konsep ini bercampur dengan konsep vintage, rustic bahkan klasik namun tak merubah kenyamanan dari konsep bohemian.

Inspirasi Desain Fasad Hotel Terbaik

The Jade Hotel in Greenwich Village

(sumber: traveller.com.au)

Desain fasad hotel The Jade Hotel yang berada Greenwich Village, New York ini memiliki tampilan sederhana yang mampu menyembunyikan kemewahan dari hotel ini.

Fasad hotel didesain dengan menggunakan material batu bata yang dipadukan dengan sentuhan gaya georgia pada fasad bagian bawah.

Dengan menggunakan jendela ‘lunette’ juga memperkental kesan klasik pada fasad hotel The Jade. Kesan klasik pada fasad hotel ini ternyata menyimpan kemewahan dari interior di dalamnya yang serba emas dan gaya art deco.

Inntel Hotel Amsterdam Zaandam

(sumber: uniq hotels)

Kalau melihat sekilas mungkin, fasad hotel ini terlihat seperti sebuah lukisan dengan pola warna beragam. Namun siapa sangka jika fasad hotel ini memang terinspirasi dari lukisan lukisan Monet “The Blue House”. Lukisan tersebut diselesaikan pada tahun 1871 di tempat tersebut, Zaandam.

Hotel ini memiliki fasad berbentuk seperti pondok yang digabungkan dalam satu warna utama, yaitu hijau.

Fasad hotel ini ingin menunjukkan hotel sebagai tempat tinggal sementara yang bisa memberikan kenyamanan dan kehangatan.

Bahkan walaupun kamar didesain dengan modern tapi tetap memiliki aksen tradisional dan ada foto vintage untuk memperkuat aksen tersebut.

The Megaro Hotel

(sumber: themegaro)

Terinspirasi dari kejemuan dari sebuah jalan raya, pemilik hotel The Megaro, yaitu Tony Megaro memberi warna pada hotelnya.

Tak hanya warna yang biasa, hotel yang terletak di Euston Road, pusat London ini memiliki fasad bangunan yang didekorasi mural yang indah.

Mural tersebut menutup fasad hotel sehingga siapapun yang keluar dari Stasiun St. Pancras pasti akan berdecak kagum dengan desain fasad hotel tersebut.

Anantara Tozeur, Tunisia

(sumber: anantara)

Bergaya khas rumah lokal, hotel yang terletak di padang pasir ini berhasil menarik perhatian. Bangunan ini memiliki desain fasad hotel yang minimalis dan terkesan bersih dengan warna terang, seperti putih dan krem.

Pola fasad bangunan yang geometrik menambah kesan unik pada hotel yang memiliki pemandangan gurun sahara ini.

Kudadoo Maldives

(sumber: latteluxurynews)

(sumber: thetelgraph)

Kudadoo Maldives adalah pulau pribadi yang memiliki desain resort terbaik di dunia. Fasad hotel ini menggabungkan antara minimalis dengan kemewahan kontemporer dan teknologi ramah lingkungan.

Desainer fasad hotel ini, yaitu Yuji Yamazaki ingin pengunjung menikmati keindahan dibalut kesederhanaan yang nyaman dalam ruang privat.

Pada hotel ini terdapat 15 ruang pribadi yang terhubung membentuk cincin yang unik.

Nah, itu adalah beberapa hal terkait desain fasad hotel yang bisa menjadi informasi dan inspirasi bagi Anda yang ingin membangun sebuah hotel.

Anda bisa menggabungkan dengan desain impian agar membentuk fasad bangunan yang diinginkan. Semoga bermanfaat.

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email